Sunday, May 15, 2011

Tips Foto Makro



          
        Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih telah rela "membuang2 waktunya" berkunjung ke blog saya. Kali ini saya ingin sharing tips foto makro, sekali lagi saya tegaskan bahwa ini bukan bermaksud mengajari, karena saya bukan fotografer pro ataupun seorang yang expert dalam fotografi, hanya sekedar berbagi pengetahuan.

1. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam foto makro maka cara yang termudah adalah menggunakan lensa khusus makro. Lensa makro didesain secara khusus agar dapat menghasilkan perbesaran yang tinggi (rasio 1:2 atau 1:1/ life size) dan ketajamannya optimal pada jarak fokus dekat sehingga detil suatu objek dapat tertangkap dengan baik dan tajam.
apa lensa biasa tidak dapat digunakan untuk memotret makro? bisa, dengan menggunakan extension tube/ reversed adapter.

nikkor 50mm F/1.2 ais+ extension tube nikon PK-13

   
2.  Lensa makro memiliki ketajaman ruang (DoF) yang sempit untuk pemotretan jarak dekat, gunakan bukaan tidak lebih lebar dari f/8 untuk menghasilkan bidang tajam yang luas.

seroja, nikkor 105mm F/1.8 ais+nikon PK-13 @ F/16

3. karena jarak fokus sangat dekat sehingga intensitas cahaya yang dipantulkan objek dan diterima sensor kamera sangat minim maka gunakan lampu flash. pencahayaan dari depan untuk menghasilkan saturasi warna dan pencahayaan belakang/samping untuk menonjolan tekstur.\



4.  sebelum mengambil gambar settinglah Aperture, picture control, White Balance (WB) kamera anda sesuai selera anda. agar anda tidak kehilangan momen apabila memotret objek yang bergerak seperti serangga.



5. atur pernapasan untuk menghindari shake agar gambar yang ada ambil dalam fokus yang prima. tarik nafas tahan keluarkan setengah dan tahan sewaktu menekan tombol shutter.



6. waktu pemotretan makro yang sangat baik adalah pagi hari saat cuaca cerah dimana pada saat-saat itu serangga lebih jinak belum sangat aktif bergerak dan dengan intensitas cahaya yang cukup maka anda dapat menggunakan shutter cepat dan objek anda memperoleh pencahayaan yang merata. 



8. usahakan background foto makro sesederhana mungkin, jangan terlalu ramai, sehingga tidak mengaburkan objek yang kita tangkap, untuk mendapatkan bokeh dengan bokeh yang halus maka usahakan objek makro berada jauh dengan Background.



    Demikian sharing tips makro saya,  mohon maaf jika gambarnya jelek2, namanya juga pemula yang iseng foto2.  Sekedar berbagi pengetahuan semoga dapat dinikmati dan bermanfaat.

3 comments:

  1. hasilnya keren. kalau kamera pocket bisa gak untuk yg seperti ini. Maksudnya foto makro

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa om, gunakan jarak fokus minimum pada kamera pocketnya.
      dan usahakan pencahahayaan cukup,.. karena pada jarak fokus terdekat biasanya intensitas cahaya yang dipantulkan objek tidak besar.

      Delete
    2. Keren kerent hasilnya, saya ikutan belajar.

      Delete

Do me a favor, leave comment